Before the Storm by zemotion
Metallica by HenriKack
Lorem Ipsum

Minggu, 25 April 2010

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, 26 April

Hari ini merupakan hari yang sangat penting bagi seluruh masyarakat di dunia karena hari ini diperingati Hari Kekayaan Intelektual. Peringatan Hari Kekayaan Intelektual ini dimulai sejak 2001. Melalui peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ini, kita diingatkan untuk senantiasa memberikan apresiasi yang positif terhadap hasil karya cipta. Bentuk apresiasi tersebut dapat diwujudkan melalalui penghargaan sikap dan perilaku terhadap hasil karya cipta orang lain.
Salah satu kebiasaan yang mencerminkan kurangnya rasa apresiasi terhadap hasil karya orang lain adalah budaya plagiat atau versi lain ada istilah budaya copy and paste. Banyak sekali kasus plagiat yang pernah muncul dalam media pemberitaan. Apalagi budaya copy paste. Teknik yang populer di kalangan masyarakat, bahkan di kalangan anak sekolahan ini sangat bertentangan dengan esensi dari peringatan hari ini. Dalam mencari referensi, bila informasi itu merupakan tulisan seseorang, kita harus menghargainya. Bila perlu kita meminta izin untuk mengutipnya, setidaknya kita cantumkan nama penulis aslinya. Dengan demikian kita akan terbiasa untuk menghargai karya cipta orang lain.
Selain itu isu pengklaiman budaya begitu marak terjadi akhir-akhir ini. Apalagi sempat terjadi bersitegang antara negara kita dengan Malaysia yang sudah mengklaim reog sebagai warisan budaya mereka. Hal ini hendaknya menjadi bahan renungan bagi kita bersama. Sudahkah kita menjaga budaya yang merupakan hasil karya cipta nenek moyang kita terdahulu? Apakah kita baru bereaksi setelah budaya kita akan diklaim negeri orang, sementara kita sendiri enggan untuk ikut melestarikan budaya tersebut?
Semoga melalui even peringatan Hari Kekayaan Intelektual ini kita dapat bersikap lebih bijak. Tidak hanya menyalahkan orang lain, tetapi kita harus memiliki niat dan ikhtiar untuk menjaga kelestarian hasil karya cipta itu. Budaya kita milik kita, kita pula yang harus melestarikannya.

0 komentar:

Posting Komentar