Before the Storm by zemotion
Metallica by HenriKack
Lorem Ipsum

Selasa, 27 April 2010

Jangan Takut Bermimpi


I have a dream, a song to sing
to help me trough, with anything
....
(I have a dream - Westlife)


Semua orang pasti punya mimpi. Mungkin mimpi itu berkaitan dengan sesuatu yang ingin dimiliki, tempat yang ingin dituju, cita-cita, dan sebagainya. Dengan mimpi itu, kita akan termotivasi untuk berusaha. Karena hidup akan terasa hampa tanpa ada mimpi dalam hidup kita.

"Saya terbiasa menulis mimpi saya dalam Dream's Book saya. Di dalam Dream's Book itu saya cantumkan mimpi saya dan saya tempelkan gambar yang berkaitan dengan mimpi saya itu. Salah satunya, ketika saya memiliki mimpi untuk mengisi suatu seminar, saya tulis mimpi saya itu dalam Dream's Book saya dan ternyata beberapa saat kemudian keinginan saya itu saya dapati dengan tidak terduga."
(Cerita Ibu Woro Rukmi, Dosen Thermodinamika Proses Refinery 2)
Seperti kutipan cerita dosen saya sewaktu mengajar di kelas saya. Di sela-sela memberikan materi tentang siklus Rankine, beliau menceritakan pengalaman hidup beliau yang berhubungan dengan mimpi. Sebenarnya ketika kita berpikir tentang sesuatu hal, secara tidak kita sadari akan timbul niat di dalam diri kita untuk meraih atau mencapai hal itu. Seperti Dreams' Book yang dimiliki Bu Woro, itu sebenarnya salah satu media atau cara untuk memotivasi diri. Kita akan selalu teringat impian kita itu dan semakin kita teringat maka kita akan semakin terdorong untuk berusaha meraih impian kita itu.
Saya juga pernah mendengar cerita mengenai orang Jepang. Kenapa orang Jepang begitu besar motivasi dan keinginnan mereka untuk maju? Sekarang kita tahu bahwa Bangsa Jepang sangat maju, dengan kebudayaan mereka yang khas. Perkembangan IPTEK yang begitu pesat merupakan salah satu ciri negara tersebut.
Dahulu, bangsa Jepang merupakan salah satu negara yang terlibat perang dunia, dan sejak saat itu Jepang sempat mengalami keterpurukan. Tetapi mereka begitu cepat bangkit dari keterpurukan itu bahkan kini telah menunjukkan kebesarannya di kalangan internasional. Menurut cerita yang saya dengar dari pamong (guru) sejarah (Bu Dwi Widiyanti) dan Bahasa Inggris (Bu Titik Hastuti) saya sewaktu SMA, orang Jepang sangat gemar membaca. Tingkat kedisiplinan mereka pun sangat tinggi. Oleh karena itu, warga Jepang sangat mudah dimotivasi baik melalui tulisan maupun propaganda-propaganda perubahan lainnya. Salah satu contohnya Film Kartun Captain Tsubasa. Konon, film itu dibuat agar warga Jepang terinspirasi dan termotivasi agar tim nasional mereka dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2002 dan berhasil masuk 16 besar.
Kekuatan motivasi akan sangat mempengaruhi usaha kita. Dengan kemauan yang besar, insyaallah semua yang kita kerjakan akan meraih hasil yang optimal, tentunya tidak lupa diiringi doa kepada Allah swt karena hanya atas kehendak-Nya lah segala sesuatu terjadi. Begitu pula yang pernah saya alami sewaktu SMA. Waktu itu, pamong Bahasa Indonesia saya (Bu Tuti Iba Wardani) memberikan motivasi kepada kami menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. Hanya tiga kata yang beliau tulis di papan tulis dan dibahas selama dua jam pelajaran, yaitu "Bisa, Bisa, Bisa!". Intinya, kami harus yakin bahwa kami bisa mengikuti Ujian Nasional dengan kemampuan kami sendiri. Berkat hal itu, kami termotivasi untuk berusaha, belajar keras, berdoa demi kelancaran ujian nasional kami dan alhamdulillah kami lulus 100%.
Banyak sekali metode untuk memotivasi diri guna meraih mimpi kita seperti yang telah saya utarakan di atas. Jadi, siapkah Anda untuk tidak sekedar bermimpi??


1 komentar:

Anonim mengatakan...

cool
:)

Posting Komentar