Before the Storm by zemotion
Metallica by HenriKack
Lorem Ipsum

Rabu, 21 April 2010

Program Studi Refinery PTK AKAMIGAS-STEM


Salah satu program studi di PTK AKAMIGAS yang juga merupakan program studi saya adalah Refinery. Pada program studi ini, dibahas semua hal yang berkaitan dengan proses pengolahan minyak. Mulai dari penyiapan crude oil (minyak mentah) serta proses pengolahannya sendiri hingga menjadi produk yang siap pakai.
Saat ini ada 4 kelas prodi Refinery di PTK AKAMIGAS-STEM, yakni Refinery Diploma 1, 2, 3, dan juga 4. Mahasiswa prodi Refinery tersebut berasal dari unit pengolahan atau yang sekarang disebut Refinery Unit PT Pertamina (Persero). Ada juga mahasiswa yang belum bekerja (fresh graduated) alumni SMA Taruna Nusantara, seperti saya sendiri. Total mahasiswa fresh graduated dari SMA Taruna Nusantara saat ini ada 19 orang. Enam orang Diploma 2 dan 13 orang Diploma 4.
Mata kuliah yang ada di prodi refinery banyak sekali. Mulai dari Matematika Dasar, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Proses Pengolahan Migas, Peralatan Pengolahan Migas, Produk Migas, Thermodinamika, Mekanika Fluida, Gambar Teknik, Storage Handling, Prime Mover, dan masih banyak mata kuliah lain yang akan menjadi bekal bagi mahasiswa prodi refinery dalam bekerja di Refinery Unit.
Sesuai dengan program berjenjang yang berlaku di PTK AKAMIGAS-STEM, kami di sini mengalami OPSPEK setiap tahun, Ujian Negara setiap tahun, Sidang KKW (Kertas Kerja Wajib) + Ujian Komprehensif, serta wisuda setiap tahun. Berbagai macam hal menarik dan unik kami rasakan selama menimba ilmu di Kampus PTK AKAMIGAS-STEM yang berada di Kecamatan Cepu ini, sebuah kecamatan di Kabupaten Blora yang berbatasan langsung denga Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. Potensi minyak bumi yang ada di Cepu mendukung proses pembelajaran kami. Kami bisa langsung praktik dan melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan minyak menjadi produk-produk seperti premium, LPG, kerosin, solar, dll. di samping pembelajaran rutin di kelas yang dimulai pukul 07.30 s.d. pukul 16.45 dari Senin sampai Jumat. Hal ini sangat penting, khususnya bagi kami, mahasiswa fresh graduated yang belum pernah bekerja di Refinery Unit. Sehingga kami bisa mengetahui apa itu pompa, kompresor, kolom, dsb.
Sedikit informasi, khususnya bagi adik-adik siswa SMA Taruna Nusantara yang berminat bergabung dengan Ikastara Cepu, kami selalu menunggu kalian. Semoga rekruitmen yang dilakukan PT Pertamina (Persero) maupun PT PGN (Persero Tbk) akan terus berlanjut dan semoga nama besar SMA Taruna Nusantara akan tetap berkumandang di seantero dunia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

rejoice brothers

Posting Komentar